Thirteen

Plastisol

Home / Blog / Plastisol

Thirteen Clothing Maker - Sablon Kaos Semarang

Sekilas tentang sablon plastisol

Sablon kaos plastisol adalah jenis sablon yang paling dicari saat ini. Sablon ini banyak diaplikasikan pada gambar-gambar raster. Banyak dari clothing brand juga menggunakan jenis sablon ini. Lalu apa sebenarnya sablon plastisol itu dan apa perbedaan nya dari jenis sablon lain?

Plastisol adalan jenis pasta sablon berbasis minyak atau solventbased. Berbeda dengan rubber, discharge dan superwhite yang tergolong waterbased. Persamaan dengan rubber yaitu sama-sama timbul pada permukaan bahan (tidak menyerap). Perbedaan plastisol terletak jelas pada karakteristik hasil sablon. Perbedaan paling mencolok yaitu ketika sablon ini di press, hasilnya akan sangat soft, lembut, solid dan kuat serta warna yang dihasilkan lebih keluar.

Kelebihan sablon plastisol

Kelebihan plastisol bisa dilihat jelas pada karakteristik hasil sablonnya antara lain :

  • Hasil sablon benar-benar solid. Ketika distretch, plastisol yang benar-benar matang akan sangat kuat dan tidak retak apabila ditarik.
  • Handfeel sangat lembut jika difinishing press. Ketika tahap finishing, customer dapat memilih finishing glossy atau doff.
  • Warna yang dihasilkan benar-benar keluar.
  • Sangat cocok untuk gambar raster. Karena sifat plastisol yang tidak mudah kering atau mampet ketika proses sablon. Serta detail yang dihasilkan cukup tinggi.

Kekurangan

  • Dalam perawatannya sablon jenis ini cukup tricky karena plastisol sangat tidak disarankan terkena setrika langsung pada hasil sablon. Jadi kaos harus dibalik ketika akan disetrika apabila terkena permukaan panas setrika akan rontok dan rusak.
  • Sablon ini sangat menutup pori-pori bahan. Apabila ukuran design terlalu besar akan menyebabkan sirkulasi udara terhambat dan menyebabkan pemakai sedikti merasa gerah.

Perlu teman-teman ketahui jika harga sablon ini lebih mahal dibanding rubber karena pada proses produksinya memerlukan treatment tersendiri seperti perlunya pematangan menggunakan mesin curing dan heat press.

Begitu kira-kira informasi yang bisa kami berikan mengenai sablon jenis rubber. Semua berdasarkan pengalaman kami sebagai konsumen maupun vendor sablon kaos yang mengerjakan sablon plastisol.

Search

Recent Posts

Chat Now..