Thirteen

Sablon rubber : Berikut penjelasan lengkapnya.

Home / Blog / Sablon rubber : Berikut penjelasan lengkapnya.

Sekilas tentang Sablon Rubber

Sablon rubber adalah salah satu teknik cetak saring dengan menggunakan pasta waterbased atau basis air berjenis karet. Sebelum trend jenis plastisol, discharge dan yang lainnya, rubber dapat dibilang jenis cat cetak saring yang paling lama ada. Karakteristik sablon karet pada umumnya yaitu timbul di atas permukaan bahan kaos. Tekstur hasil sablon bisa dirasakan. Sesuai namanya, rubber bersifat elastis seperti karet.

Kelebihan sablon rubber

Ada beberapa kelebihan dari teknik cetak menggunakan pasta rubber :

  • Handfeel timbul dan elastis. Untuk handfeel sangat tergantung dari kualitas atau merk pasta rubber itu sendiri.
  • Jika disablon dalam ukuran besar tidak membuat kaos menjadi gerah. Karena pori-pori bahan kaos tidak tertutup oleh pasta rubber.
  • Pada umumnya harga sablon ini lebih murah dari jenis lainnya. Tapi sekali lagi hal ini tergantung pada kualitas dan merk pasta rubber yang dipakai. Bahkan ada pasta rubber yang tergolong premium seperti Matsui made in Japan atau rubber Lucas made in Lucas SPS Bandung.

Kekurangan

Kekurangan dari sablon rubber sendiri kurang lebih sebagai berikut :

  • Apabila perawatan kurang tepat sablon akan pecah-pecah. Hal ini juga bergantung pada lama pemakaian dan treatment yang diberikan pada kaos sablon karet.
  • Untuk gambar berjenis raster kurang direkomendasikan menggunakan pasta rubber. Karena karakternya yang mudah kering membuat hasil raster tidak maksimal.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sablon rubber tidak sebagus plastisol dan lainnya. Menurut mereka kaos dengan teknik cetak ini terlihat kurang premium. Bahkan ada yang beranggapan jelek. Menurut kami pendapat seperti itu kurang tepat. Jenis sablon ini mempunyai karakteristik dan kelebihannya sendiri. Sepengetahuan kami ada pasta rubber yang harganya cukup mahal. Ada pula vendor yang fokus dengan garapan sablon karet yang oke punya. Mungkin di waktu lalu di Indonesia orang mengenal sablon rubber karena terlihat kasar, keras dan tidak rapih hasilnya. Maka orang beranggapan yang kurang tepat terhadap kualitas jenis sablon yang satu ini.

Begitu kira-kira informasi yang bisa kami berikan. Semua berdasarkan pengalaman kami sebagai konsumen maupun rumah produksi yang mengerjakan sablon rubber.