Thirteen

Sablon Superwhite : Berikut penjelasannya

Home / Blog / Sablon Superwhite : Berikut penjelasannya

Sekilas tentang sablon superwhite

Sablon superwhite tergolong dalam jenis cetak basis air atau waterbased sama seperti rubber dan discharge. Karakteristik sablon ini sangat mirip dengan discharge. Hasil nya akan meresap pada bahan kaos. Hanya saja perbedaan dengan discharge yaitu jenis sablon ini tidak mencabut warna bahan. Karena dalam penggunaanya tidak memerlukan odorless (zat kimia cabut warna). Jika discharge direkomendasikan pada bahan gelap, maka superwhite cocok untuk dibahan terang. Hasil sablon yang didapat sangat premium. Apalagi jika pemilihan warna bahan kaos dan desain atau gambar sesuai. Hal itulah yang menyebabkan harga produksi kaos superwhite cenderung lebih mahal. Dikarenakan kualitasnya yang premium membuat superwhite sering digunakan pada produk-produk clothing brand.

Kelebihan sablon superwhite

Kelebihan yang dimiliki sablon superwhite diantaranya :

  • Handfeel sablon sangat soft dan hasil sablon meresap pada bahan.
  • Ketika proses cetak, superwhite cenderung lebih mudah dikerjakan daripada discharge karena tidak menggunakan odorless (discharge agent) yang harus teliti pada saat mixing color.
  • Kemungkinan migrasi warna sangat kecil. Berbeda dengan discharge, apabila tidak teliti akan mengakibatkan migrasi warna sehingga warnasablon mnjadi tidak stabil.
  • Membuat look kaos menjadi lebih premium.
  • Sangat cocok untuk disablon pada produk clothing brand.

Kekurangan

Berikut juga kekurangan yang ada pada sablon superwhite yaitu :

  • Direkomendasikan pada bahan terang dan tidak pada bahan gelap. Dalam artian warna pasta sablon harus lebih gelap dari warna bahan. Misal bahan kaos warna putih, warna sablon merah. Bahan kaos merah, warna sablon hitam.
  • Harga produksi akan menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan sablon rubber atau plastisol.
  • Biasanya sablon jenis ini menggunakan bahan kaos putih atau krem. Hal ini membuat pemilihan warna bahan kaos menjadi kurang fleksibel dan harus benar-benar teliti.

Pasta superwhite yang beredar dipasaran yaitu merk Matsui. Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan teman-teman. Sekali lagi semua berdasarkan dari ulasan konsumen dan pengalaman kami sebagai rumah produksi cetak kaos ketika mengerjakan sablon superwhite.